blog-details

8 Manfaat Branding: Mengapa Anda membutuhkan Merek yang Kuat

Semua orang tahu bahwa memiliki merek yang kuat itu penting, tetapi apa sebenarnya artinya bagi perusahaan?.

"Branding" tampaknya menjadi sesuatu yang selalu didengar oleh perusahaan startup. Jika Anda pernah mengunjungi konferensi wirausaha atau menonton video bisnis startup online, kemungkinan Anda telah mendengar kata merek ratusan kali dalam satu jam.

Jadi apa masalahnya dengan branding? Apa manfaat branding? Akankah memiliki merek yang kuat benar-benar membedakan bisnis dan memberikan keuntungan terhadap para pesaingnya? Perusahaan pemasaran bisnis hebat mana pun akan memberi tahu Anda: ya. Memiliki merek yang kuat pasti akan membantu bisnis menonjol dan melampaui pesaing.

blog-details

Apa itu "Merek"? Gagasan branding setiap orang berbeda. Beberapa orang berpikir itu hanya font dan warna yang diputuskan untuk digunakan perusahaan. Tetapi jika Anda benar-benar memahami apa itu merek, Anda tahu bahwa itu mencakup setidaknya beberapa hal berikut:

Gaya Desain (mis. Logo, warna, tipografi, dan kemasan) Situs web dan Pemasaran Etalase Kehadiran Media Sosial Pelayanan pelanggan Lingkungan dan Budaya Perusahaan Slogan dan Slogan Kualitas dan Harga Produk Filosofi dan “Kepribadian” Keseluruhan Mengembangkan merek yang kuat tidak selalu membutuhkan jutaan dolar, tetapi membutuhkan banyak kreativitas dan penelitian.

Seperti yang dikatakan orang terkaya di dunia, Jeff Bezos; "Sebuah merek adalah apa yang orang katakan tentang bisnis Anda ketika Anda tidak berada di dalam ruangan". Pada dasarnya semua yang mereka * pikirkan * dan * rasakan *, itulah sebabnya branding sangat penting. Apa yang Membuat Merek Kuat? Ada banyak hal yang membuat merek kuat.

Hanya sedikit keunikan, kualitas, pesan yang jelas, filosofi yang kuat, pemasaran yang ditargetkan, dan kesadaran audiens. Biasanya, apa yang membuat merek hebat bukan hanya satu hal yang luar biasa — itu adalah kombinasi dari beberapa.

Contoh yang bagus adalah Ikea. Meskipun mereka jelas bukan startup kecil, mereka dengan sempurna mencontohkan merek yang kuat. Mengapa? Karena mereka terkenal dengan harga rendah, toko raksasa, pengalaman pelanggan (bakso murah dan display ruang set-up!), Dan warna biru-kuning dengan font kuning.

Demikian pula, penggemar Apple sangat setia karena tidak hanya satu, tetapi beberapa faktor kunci merek: tampilan ramping. Janji produk dan inovasi yang berkualitas. Suasana toko. Kisah di balik itu semua.

Ketika Anda berpikir tentang perusahaan yang begitu kuat sehingga mereka mungkin juga dianggap agama (seperti Apple, Nike, Coke, Amazon), pertimbangkan bahwa mereka semua menggabungkan banyak hal untuk membuat branding mereka berfungsi.

Bukan hanya logo. Ini bukan hanya tagline. Bahkan bukan hanya riset pemasaran. Semua itu, dan banyak lagi. Bahkan sebuah merek yang kurang dikenal — misalnya, mari kita ambil Screamin ’Sicilian Pizza Company, yang membuat pizza beku — menggunakan banyak faktor merek yang bersatu untuk menciptakan strategi yang luar biasa.

Situs web mereka, pilihan verbage, font, dan kemasan membuat mereka sangat berbeda dari pesaing mereka. Mereka adalah cow sapi ungu ‘di lautan kesamaan.

Apa Manfaat Branding?

Jadi mengapa branding begitu penting? Apa yang sebenarnya dimiliki oleh merek yang kuat untuk bisnis? Ini adalah iklim yang selalu berubah, tetapi di sini ada 8 manfaat utama dari branding:

blog-details

1. Pengakuan pelanggan

Jangan pernah meremehkan kekuatan keakraban. Ketika seorang pelanggan berbelanja dan melihat tipografi / warna / gambar merek yang jelas mereka kenal, mereka lebih cenderung mengambil produk itu daripada lautan orang lain yang mengelilinginya.

Mengapa? Karena itu menarik dan akrab. Dari sesuatu yang liar dan menakjubkan (seperti pizza Sisilia Screamin yang disebutkan sebelumnya) hingga sesuatu yang sederhana dan zen (seperti bir And Union), branding yang baik akan mengklik di dalam benak pembeli.

2. Kesetiaan pelanggan

Begitu pembeli mulai mengenali dan membeli suatu layanan atau produk, merek yang baik dapat membuat mereka kembali untuk mendapatkan lebih banyak — dan dapat membuat mereka menjadi “pengikut” loyal dari merek itu.

Ketika sebuah perusahaan menggabungkan produk hebat dengan branding menarik yang menyentuh semua catatan yang tepat dengan pembeli, sebuah bisnis akan melihat loyalitas pelanggan mereka mulai membangun dan membangun dan membangun.

3. Konsistensi

Begitu sebuah bisnis memiliki branding-nya — filosofi perusahaan, pemasaran, warna, tipografi, cetak, situs web, dll. - ia dapat mulai memodelkan sisa upayanya setelah itu. Ketika ada "menetapkan" branding foundation di tempat, itu membuat pilihan lain jauh lebih mudah, dan semua pemasaran masa depan perusahaan dapat bercabang darinya.

4. Ekuitas merek

Ketika karakter M&M kecil itu di layar mempromosikan peluncuran karamel M&M atau pretzel M&M atau apa pun rasa baru yang datang, semua orang memperhatikan karena mereka begitu akrab dengan mereka.

Manfaat besar untuk branding kuat adalah membantu mempromosikan produk dan layanan baru. Orang-orang akan secara otomatis tertarik karena mereka sudah terbiasa dengan suatu merek. Jadi, jika Anda membawa rasa, produk atau layanan baru kami, merek yang kuat akan membantu meluncurkannya!.

5. Kredibilitas

Pemasaran yang inovatif dipasangkan dengan layanan pelanggan yang fenomenal dan visual yang menarik akan menjadikan perusahaan sebagai bisnis profesional yang serius.

6. Menarik bakat

Ketika sebuah bisnis memiliki branding yang hebat, orang akan memerhatikan. Dan seringkali, orang-orang yang memperhatikan adalah influencer yang sangat berbakat, pemasar media sosial, atau perancang situs web, atau pembangun konsep.

Ketika sebuah bisnis melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan branding, kaliber pemikir ini sering ingin menjadi bagian dari apa yang dilakukan bisnis itu. Dan ketika sebuah perusahaan mengizinkan orang seperti ini masuk, mereka menambah pembangkit tenaga kreatif mereka.

7. Mengizinkan nilai bersama

Ketika sebuah perusahaan terhubung dengan pelanggan mereka melalui nilai-nilai bersama, itu dapat menciptakan loyalitas seumur hidup, dan bahkan dapat masuk ke generasi mendatang.

8. Memberi kepercayaan diri

Inilah yang bagus: branding yang baik tidak hanya memberikan kepercayaan kepada pelanggan, itu juga bermanfaat bagi pemilik bisnis yang sebenarnya.

Dengan branding yang hebat, semua energi, waktu, uang, dan pekerjaan yang telah masuk ke sebuah perusahaan bersatu sebagai presentasi yang lengkap dan profesional. Branding ada untuk memajukan produk atau layanan asli.

Ini mendorongnya ke depan dengan meraih mata publik dan membuat mereka memperhatikan. Branding yang baik adalah untuk publik, tetapi juga bagi pemilik bisnis untuk menghargai apa yang telah mereka buat dan bangun.

blog-details

Jika Anda seorang pemilik bisnis yang ingin memajukan perusahaan Anda dengan branding strategis, pastikan untuk memastikan Anda mencakup setiap area sehingga Anda tidak kehilangan peluang apa pun.

Terima Kasih sudah membaca. Jika anda butuh asisten/partner untuk membangun brand perusahaan yang sedang anda bangun, anda bisa berkonsultasi di kontak dibawah ini.

Contact Us : ELCI Indonesia | +62 8213 798 9651

-----------------

Source : Just Creative

Source Photo : Pexels | Pinterest | Unsplash

Leave a Reply