Corporate Branding

7 jenis logo branding yang wajib diketahui pebisnis pemula

Tentu! Berikut adalah beberapa jenis logo branding yang umum digunakan:

  1. Logo Emblematik: Jenis logo yang terdiri dari simbol atau ikon yang terintegrasi dengan teks atau nama merek. Biasanya memiliki tampilan klasik dan formal, dengan kesan tradisional dan memiliki identitas yang kuat. Contohnya adalah logo Mercedes-Benz, Starbucks, dan Harley-Davidson.
  2. Logo Wordmark: Jenis logo yang terdiri dari teks atau nama merek saja tanpa simbol atau ikon tambahan. Biasanya menggunakan jenis huruf atau tipografi yang unik dan kreatif untuk menampilkan identitas merek. Contohnya adalah logo Coca-Cola, Google, dan IBM.
  3. Logo Pictorial atau Simbolis: Jenis logo yang hanya terdiri dari simbol atau ikon saja tanpa menggunakan teks atau nama merek. Biasanya digunakan oleh merek yang sudah sangat terkenal sehingga simbol atau ikon tersebut sudah cukup untuk mengenali merek tersebut. Contohnya adalah logo Apple, Nike, dan Twitter.
  4. Logo Abstrak: Jenis logo yang menggunakan bentuk abstrak atau non-mewakili dalam desainnya. Biasanya digunakan untuk merek yang ingin tampil unik dan kreatif, serta menghindari penggunaan simbol atau ikon yang terlalu klasik atau terlalu jelas. Contohnya adalah logo Pepsi, Adidas, dan Microsoft.
  5. Logo Kombinasi: Jenis logo yang menggabungkan antara simbol atau ikon dengan teks atau nama merek. Biasanya digunakan untuk memberikan pesan atau representasi yang lebih komprehensif tentang merek, serta menggabungkan identitas merek dengan elemen visual yang kuat. Contohnya adalah logo McDonald’s, Amazon, dan FedEx.
  6. Logo Monogram: Jenis logo yang menggunakan huruf-huruf inisial atau singkatan nama merek untuk membentuk desain logo. Biasanya digunakan untuk merek yang memiliki nama yang panjang atau kompleks, dan ingin menyederhanakan identitas merek tersebut dalam bentuk monogram yang unik. Contohnya adalah logo Chanel, Louis Vuitton, dan Gucci.
  7. Logo Mascot: Jenis logo yang menggunakan karakter atau maskot sebagai representasi merek. Biasanya digunakan oleh merek yang ingin membangun identitas merek yang ramah, akrab, atau menyenangkan. Contohnya adalah logo KFC, Pringles, dan Michelin.

Itulah beberapa jenis logo branding yang umum digunakan oleh merek-merek terkenal. Tentu saja, pilihan jenis logo branding akan tergantung pada karakteristik merek, pasar sasaran, dan tujuan branding yang ingin dicapai.

elcreativeon
Digital Branding dan Digital Marketing
CV. ELCI Digital Indonesia
www.elcreativeon.com
Special Region of Yogyakarta

Email : elcreativeon@gmail.com
Contact : +6282137989651
LinkedIn : elcreativeon company
Instagram : @elciindonesia | @elcreativeon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo kak, ada yang bisa kami bantu ?
Halo tim ELCI saya perlu bantuan nih...
-
PT. ELCI Digital Indonesia
Digital Branding dan Marketing Agency www.elcreativeon.com
Special Region of Yogyakarta